7 Jenis Sayuran perlu Dihindari Penderita Hipertensi

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Ternyata ada jenis sayuran yang perlu dihindari penderita hipertensi. Apa saja? Berikut ini CarePro merangkum 7 jenis sayuran yang perlu dihindari penderita hipertensi.

Hipertensi atau dikenal dengan darah tinggi merupakan kondisi ketika tekanan darah meningkat ke tingkat yang tidak sehat. Penyakit ini termasuk kondisi yang berbahaya, sebab bisa menyebabkan kematian mendadak.

Hipertensi disebabkan karena adanya penumpukan lemak di arteri, faktor gaya hidup yang tidak sehat, hingga keturunan. Hal ini perlu segera diatasi, sebab tak hanya memicu risiko kematian namun, bisa juga memicu penyakit berbahaya lain seperti stroke, jantung, gangguan ginjal, hingga disfungsi seksual komplikasi.

Berbicara mengenai hal tersebut, salah satu mengatasi kondisi hipertensi adalah tidak mengonsumsi makanan yang dapat memicunya. Selama ini, sayuran dianggap menjadi asupan yang baik dan sehat.

Namun, ternyata ada jenis sayuran yang perlu dihindari penderita hipertensi. Apa saja? Berikut ini CarePro merangkum 7 jenis sayuran yang perlu dihindari penderita hipertensi.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Rutin Konsumsi Salad Sayur Baik untuk Kesehatan Anda

1. Sayur kalengan

Jenis sayuran pertama yang perlu dihindari oleh penderita diabetes adalah sayur kalengan. Meskipun memiliki klaim nilai gizi yang tinggi, namun sayuran kaleng justru memiliki kandungan natrium dan garam yang tinggi. Kedua kandungan ini yang membuat tekanan darah menjadi mudah naik.

Apabila Anda memiliki riwayat darah tinggi dan ingin mengonsumsi sayur kalengan, pilihlah produk dengan kandungan natriumnya rendah.

2. Sayur yang dibuat acar

Selain sayur kalengan, sayuran acar  juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Pasalnya, sayur yang dibuat untuk acar adalah sayuran yang diawetkan dengan menggunakan cuka, air, dan garam. Tujuannya agar sayuran lebih tahan lebih lama.

Namun, hal itu membuat sayuran mengandung natrium yang tinggi. Padahal makanan dengan natrium yang tinggi tidak baik untuk penderita diabetes.

3. Sayur yang sudah dicampur garam berlebih

Seperti yang diketahui sebelumnya, penderita hipertensi tidak dapat mengonsumsi makanan atau sayuran yang memiliki natrium tinggi. Namun, nyatanya masih banyak orang yang memasak sayuran dengan garam berlebih.

Dilansir dari Journal of the American College of Cardiology, garam menduduki puncak daftar makanan yang perlu dihindari terutama penderita hipertensi. Sebab, sodium dalam garam dapat meningkatkan jumlah cairan dalam darah sehingga bisa mengalami tekanan darah.

4. Sayuran beku

Sayuran beku juga menjadi salah satu sayuran yang dilarang untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Meskipun sayuran beku dinilai lebih praktis dan lebih tahan lama, sayangnya sayuran ini menjadi salah satu sumber natrium terburuk karena kandungan natriumnya yang sangat tinggi.

Sayuran beku mengandung hingga 1800 miligram natrium, atau melebihi asupan garam harian yang direkomendasikan.

Baca juga: Catat Batas Kadar Kolesterol Sehat Berdasarkan Usia

5. Sayur yang dijadikan keripik

Beberapa jenis sayuran sering diolah menjadi camilan keripik, salah satu contohnya yaitu keripik kentang. Bagi pengidap darah tinggi, sebaiknya hindari makanan ini. Meskipun lezat, namun keripik kentang ternyata tidak sehat jika dikonsumsi penderita hipertensi.

Pasalnya, selain dapat memicu hipertensi, lemak yang terkandung dalam keripik sayuran juga dapat memicu penambahan berat badan dan kesehatan jantung yang buruk.

6. Sayur bayam

Bayam adalah sayuran yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, dan zat besi. Sayngnya sayuran ini juga menjadi salah satu sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita hipertensi. Hal itu karena bayam memiliki kandungan oksalat yang dapat mengikat kalsium dan membentuk batu ginjal. Bayam juga memiliki tinggi kalium yang dapat meningkatkan tekanan darah.

7. Tomat kalengan

Tomat segar adalah salah satu sayuran yang memiliki segudang manfaat. Tomat memiliki kandungan lycopeneyang baik sebagai antoksidan sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Namun, tomat kalengan justru tidak baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Pada tomat kalengan mengandung natrium yang tinggi dan meningkatkan risiko naiknya tekanan darah. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin mengonsumsi tomat, konsumsilah tomat yang segar dan belum melalui proses pengolahan.

Konsultasi Gizi dengan Layanan CarePro

Dalam mengelola hipertensi, memang penting untuk menghindari beberapa jenis sayuran yang tinggi kadar potassium, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Untuk mendapatkan panduan yang sesuai dengan kebutuhanmu, konsultasikanlah dengan ahli gizi melalui layanan CarePro.

Anda dapat konsultasi dengan dokter ahli gizi dari jarak jauh melalui layanan telekonsultasi CarePro. Dokter homecare CarePro siap membantu Anda dengan konsultasi nyaman di rumah. Download aplikasi CarePro secara gratis untuk pesan layanan homecare yang Anda butuhkan hari ini. Tim medis kami siap membantu keluhan Anda!


REFERENSI

Medical News Today (2021). 50 foods and drinks to avoid for people with high blood pressure. Diakses pada 10 Mei 2024.

Natural farm (2021). 6 Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Darah Tinggi. Diakses pada 10 Mei 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id