Apakah Vertigo bisa Sembuh Total? Ini Faktanya

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Pernahkah Anda merasa pusing seakan benda sekeliling terasa berputar? Jika pernah, maka perlu hati-hati, sebab bisa jadi Anda mengalami vertigo. Lantas, apakah vertigo bisa sembuh total?

Pernahkah Anda merasa pusing seakan benda sekeliling terasa berputar? Jika pernah, maka perlu hati-hati, sebab bisa jadi Anda mengalami vertigo.

Vertigo adalah kondisi yang dapat mengganggu keseimbangan dan menyebabkan sensasi berputar atau pusing yang kuat.Kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang. Pertanyaan yang sering muncul adalah, apakah vertigo bisa sembuh total? Berikut CarePro telah merangkum ulasan tentang penyakit vertigo secara lengkap.

Apa itu Vertigo?

Vertigo adalah suatu kondisi pusing yang umumnya membuat penderitanya kehilangan keseimbangan. Vertigo bukan suatu penyakit, melainkan sebuah tanda atau gejala dari gangguan kesehatan.

Setiap orang yang mengalami vertigo biasanya memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda. Sehingga perlu penanganan yang tepat untuk menurunkan risiko yang lebih parah. Lantas, apakah vertigo sendiri dapat disembuhkan secara total? Simak ulasan berikut untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Baca juga: Virus Nipah: Gejala, Diagnosis, dan Cara Pencegahannya

Mengenal Jenis Vertigo dan Penyebabnya

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda perlu memahami terlebih dulu jenis-jenis dan penyebab vertigo. Umumnya, vertigo sendiri disebabkan oleh gangguan cara kerja telinga bagian dalam yang mengatur keseimbangan tubuh. Namun, dua jenis vertigo ternyata masing-masing memiliki penyebab yang berbeda, diantaranya sebagai berikut: 

1. Vertigo perifer

Vertigo perifer adalah jenis vertigo yang umum terjadi. Jenis vertigo ini disebabkan oleh adanya gangguan pada telinga bagian dalam, seperti benign paroxysmal positional vertigo(BPPV),labirinitis, penyakit Meniere, dan sebagainya.

2. Vertigo sentral

Vertigo sentral adalah jenis vertigo yang disebabkan oleh gangguan di otak atau sistem saraf otak, terutama pada bagian batang otak dan otak kecil (serebelum).

Selain itu, ada beberapa faktor pemicu lain terjadinya vertigo, seperti usia, mengalami cedera pada bagian kepala, mengalami stres berat, kebiasaan merokok, sering mengonsumsi alkohol, hingga riwayat keluarga.

Gejala Vertigo

Selain merasa pusing dan ada sensasi berputar, vertigo juga memiliki gejala lain, seperti:

  • Mual.
  • Muntah.
  • Mengeluarkan keringat berlebih.
  • Gangguan pendengaran.
  • Penglihatan terasa berbayang.
  • Kesulitan berbicara.

Vertigo yang parah bisa ditandai dengan:

  • Kesulitan bernapas.
  • Respon yang melambat.
  • Penurunan kesadaran.
  • Demam.
  • Kesulitan bergerak.

Baca juga: 6 Terapi Sederhana untuk Mengatasi Stroke, Pulih jadi Lebih Cepat!

Apakah Vertigo Bisa Disembuhkan Secara Total?

Ada berbagai cara pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi vertigo. Namun, apakah pengobatan tersebut bisa menyembuhkan vertigo dengan total?

Dilansir dari Entorlando The Ear, Nose, Throat, and Plastics Surgery Associates, Dokter menjelaskan, vertigo bukan suatu gangguan yang bisa disembuhkan secara total, namun lebih tepatnya vertigo dapat dikelola dan diobati secara efektif. 

Pada faktanya, vertigo bisa hilang dengan sendirinya. Kondisi ini bisa diatasi dengan istirahat yang cukup. Namun, ada juga kondisi vertigo yang tidak kunjung sembuh atau sudah memasuki tahap yang parah. Dalam kondisi ini perlu bantuan medis untuk penanganannya. Beberapa pengobatan yang biasanya dilakukan, seperti:

  1. Memberikan obat vertigo agar pasien merasa lebih nyaman dan mengurangi rasa mual.
  2. Pemberian antibiotik atau steroid untuk mengurangi pembengkakan dan penyembuhan infeksi telinga.
  3. jika penyebabnya adalah BPPV, bisa dilakukan manuver kepala sederhana.
  4. Melakukan terapi fisik untuk memperkuat sistem vestibular.
  5. Jika vertigo disebabkan oleh tumor atau cedera berat, perlu bantuan penanganan operasi.

Baca juga: Home Visit Dokter, Solusi Kesehatan untuk Anda di Rumah

Nah, berikut tadi adalah penjelasan mengenai gangguan vertigo, dari mulai penyebab hingga pengobatan. Jangan lupa lakukan perawatan dan menjalani gaya hidup yang sehat. Mulailah untuk rutin berolahraga dan membatasi asupan garam agar tidak terjadi vertigo secara berulang.


REFERENSI

Cleveland Clinic (2023). Vertigo: Symptoms, Causes & Treatment. Diakses pada 24 Mei 2024.

Healthline (2019). How Long Does Vertigo Last?. Diakses pada 24 Mei 2024.

Halodoc (2023).Apakah Penyakit Vertigo Bisa Disembuhkan Secara Total?. Diakses pada 24 Mei 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id