7 Cara Pengobatan Sinusitis yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Mengobati sinusitis memang gampang-gampang susah. Tapi, pengobatan alami yang bisa dilakukan di rumah patut untuk Anda coba. Simak caranya sekarang!

Sinusitis, atau radang sinus, adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang dan tentu saja dapat membuat aktivitas Anda terganggu.

Kabar baiknya, ada beberapa metode pengobatan mandiri di rumah yang efektif untuk meredakan gejala sinusitis, lho! Jadi, tidak perlu mendapatkan penanganan medis secara langsung saat sinusitis Anda kambuh,

Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami dan cara yang sederhana, Anda dapat mengurangi peradangan, membersihkan sinus, dan meningkatkan pernapasan tanpa harus bergantung pada obat-obatan.

Berikut penjelasan mengenai cara pengobatan sinusitis dan cara pencegahannya. Simak baik-baik, yuk!

Cara Pengobatan Sinusitis secara Mandiri di Rumah

freepik.com

Melansir Cleveland Clinic, sinusitis adalah peradangan pada jaringan dalam sinus (ruang di dahi, pipi, dan hidung yang biasanya terisi udara). 

Kondisi ini menyebabkan nyeri wajah, hidung tersumbat atau meler, dan terkadang demam serta gejala lainnya. Biasanya disebabkan oleh flu biasa, tetapi virus, bakteri, jamur dan alergi lainnya juga dapat menyebabkan sinusitis.

Meskipun dapat terasa menyiksa, banyak cara pengobatan sinusitis yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah tanpa harus segera berobat ke dokter. 

Mengutip Mayo Clinic berikut beberapa cara efektif yang dapat Anda terapkan di rumah untuk mengatasi sinusitis, sehingga Anda dapat kembali beraktivitas dengan nyaman dan tanpa gangguan.

1. Minum banyak air putih

Minum banyak air putih membantu mengencerkan lendir di sinus, memudahkan proses pengeluaran lendir, dan mencegah dehidrasi. 

Konsumsi air yang cukup juga dapat membantu menjaga kelembaban selaput lendir, sehingga mengurangi iritasi dan peradangan.

2. Cuci saluran hidung dengan alat irigasi hidung

Menggunakan alat irigasi hidung, seperti neti pot atau alat semprot salin, dapat membantu membersihkan lendir dan alergen dari saluran hidung. 

Prosedur ini efektif dalam mengurangi gejala sinusitis dengan cara mengurangi pembengkakan dan membuka saluran udara.

3. Jaga kelembaban sinus hidung

Menghirup uap dari air panas atau mandi air panas dapat membantu melembabkan sinus. Uap panas membantu melonggarkan lendir yang menumpuk di sinus, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan, serta mengurangi rasa sakit dan tekanan.

4. Jaga kelembaban udara di dalam rumah

Menggunakan humidifier di dalam rumah dapat menjaga kelembaban udara, yang penting untuk mencegah pengeringan dan iritasi pada sinus. Kelembaban yang cukup juga membantu menjaga lapisan lendir tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

5. Jauhi asap rokok

Asap rokok dapat mengiritasi selaput lendir sinus dan memperburuk gejala sinusitis. Menghindari paparan asap rokok, baik aktif maupun pasif, adalah langkah penting untuk mengurangi iritasi dan inflamasi pada sinus.

6. Konsumsi makanan bergizi

Pola makan yang sehat dan bergizi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, seperti buah jeruk, paprika, dan sayuran hijau, serta makanan yang mengandung zinc dan probiotik, dapat membantu mempercepat pemulihan.

7. Istirahat teratur

Istirahat yang cukup sangat penting untuk pemulihan tubuh. Ketika tubuh beristirahat, sistem kekebalan dapat bekerja lebih efektif dalam melawan infeksi dan memperbaiki jaringan yang rusak. 

Pastikan tidur yang cukup dan menghindari aktivitas yang berlebihan selama masa pemulihan.

Baca juga: Rhinitis Alergi Dingin: Ketahui Penyebab Sering Bersin di Pagi Hari

Pencegahan Sinusitis agar Tidak Kambuh

freepik.com

Meski bisa diobati, sayangnya sinusitis memiliki kecenderungan untuk kambuh jika tidak dilakukan pencegahan yang tepat. 

Oleh karena itu, memahami cara-cara untuk mencegah sinusitis agar tidak kambuh sangat penting bagi Anda yang sering mengalaminya. 

Mayo Clinic menyebutkan ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda terapkan, seperti:

1. Jaga Kebersihan Tangan

Mencuci tangan secara rutin adalah langkah penting dalam mencegah infeksi yang dapat menyebabkan sinusitis. Virus dan bakteri yang menyebabkan pilek atau flu, yang sering memicu sinusitis, dapat ditularkan melalui tangan yang tidak bersih.

2. Hindari Alergen

Alergen seperti debu, serbuk sari, bulu hewan, dan asap rokok dapat memicu sinusitis pada orang yang rentan. Identifikasi dan hindari alergen-alergen tersebut sebisa mungkin. Menggunakan penjernih udara di rumah dan membersihkan rumah secara teratur juga bisa membantu mengurangi paparan alergen.

3. Gunakan Humidifier

Udara yang terlalu kering dapat mengiritasi sinus dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi. Menggunakan humidifier untuk menjaga kelembaban udara di dalam rumah dapat membantu menjaga selaput lendir sinus tetap lembab dan sehat.

4. Konsultasi dengan Dokter

Jika merasa sinusitis yang Anda miliki semakin parah, segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Anda dapat menggunakan aplikasi CarePro untuk berkonsultasi dengan dokter terpercaya. Cukup download aplikasinya di Playstore atau App Store, dan dapatkan layanan kesehatan dengan cepat dan tepat.

Baca juga: Kenali Manfaat Telekonsultasi: Layanan Konsultasi Kesehatan Online di Era Digital

Penutup

Mengatasi sinusitis tidak selalu memerlukan kunjungan ke dokter atau penggunaan obat-obatan dengan dosis tinggi. 

Dengan menerapkan berbagai cara pengobatan mandiri di rumah seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat meredakan gejala sinusitis dan mempercepat pemulihannya. 

Kabar baiknya, perawatan mandiri tersebut tidak hanya efektif dalam jangka pendek, tetapi juga dapat membantu mencegah sinusitis kambuh.

Namun, jika Anda merasa sinusitis sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan.

Gunakan aplikasi CarePro untuk mendapatkan layanan telekonsultasi dengan dokter terpercaya. Tidak hanya itu, CarePro juga menawarkan beberapa layanan kesehatan lainnya, seperti perawat live in, dokter visit, caregiver live in, dan lainnya.

Referensi

Cleveland Clinic (2023). Sinus Infection (Sinusitis). Diakses pada 30 Mei 2024

Mayo Clinic (2017). Home Remedies: Self-help for sinusitis. Diakses pada 30 Mei 2024

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id