Caregiver Live In untuk Layanan Kesehatan Lansia di Rumah

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Kenali Caregiver Live In dan temukan caregiver profesional menggunakan aplikasi Carepro!

Dalam era modern ini, Caregiver Live In sudah tidak asing lagi di dunia kesehatan. Tak terkecuali dalam hal merawat lansia di rumah.

Caregiver Live In merupakan solusi untuk Anda yang memiliki aktivitas padat di luar rumah, namun menginginkan perawatan terbaik bagi lansia di dalam rumah.

Jasa Caregiver akan memastikan lansia atau orang tua Anda mendapatkan perawatan yang terbaik meskipun berada di rumah.

Artikel ini akan menjelaskan mengenai caregiver live in, manfaatnya bagi lansia, peran yang mereka mainkan dalam perawatan, siapa yang membutuhkan layanan ini, dan bagaimana cara mendapatkannya.

Mengenal Caregiver Live In

Mengutip Active Global Home & Community Care, Caregiver Live In merupakan perawat pribadi, perawat kesehatan, dan pendamping pasien.

freepik.com

Dalam layanan kesehatan, perawat caregiver live in adalah seorang profesional perawatan yang tinggal bersama dengan pasien mereka, dalam hal ini, lansia yang membutuhkan perawatan penuh waktu. 

Layanan ini memungkinkan lansia untuk mendapatkan perawatan intensif dan penuh perhatian di kenyamanan rumah mereka sendiri. 

Dalam lingkungan yang semakin sibuk dan kurangnya waktu bagi keluarga untuk memberikan perawatan secara langsung, caregiver live-in menawarkan solusi yang praktis dan berpengalaman.

Untuk mendapatkan caregiver profesional, Anda dapat menggunakan aplikasi Carepro. Di sana, Anda dapat menemukan caregiver yang telah tersertifikasi, sehingga Anda tak perlu khawatir mengenai kualitas keperawatan yang diberikan.

Manfaat Caregiver Live-In untuk Lansia

freepik.com

Manfaat caregiver live-in tidak bisa diremehkan dalam mendukung kesehatan dan kesejahteraan lansia. Ada sejumlah manfaat yang diperoleh lansia dari keberadaan caregiver live-in yang tinggal bersama mereka di rumah. 

Berikut adalah beberapa manfaat utama yang ditawarkan oleh caregiver live-in:

Perawatan 24 Jam

Salah satu manfaat utama dari caregiver live-in adalah ketersediaan perawatan 24 jam penuh waktu. Lansia mendapatkan perawatan yang konsisten dan terjamin setiap saat, baik siang maupun malam. 

Ini sangat penting untuk lansia yang membutuhkan bantuan terus-menerus dalam melakukan aktivitas sehari-hari atau membutuhkan pengawasan medis yang intensif.

Bantuan Fisik dan Emosional

Caregiver live-in tidak hanya memberikan bantuan fisik seperti membantu lansia dalam mandi, makan, atau berpakaian, tetapi juga memberikan dukungan emosional yang sangat penting. 

Mereka menjadi teman sehari-hari yang dapat dipercaya bagi lansia, membantu mengurangi rasa kesepian dan isolasi sosial yang sering dialami oleh lansia.

Pantauan Kesehatan Rutin

Caregiver live-in memiliki peran dalam memantau kondisi kesehatan lansia secara rutin. Mereka dapat mengamati perubahan dalam kesehatan fisik dan mental lansia, serta memberikan laporan kepada keluarga atau tenaga medis terkait jika ada kebutuhan untuk intervensi medis lebih lanjut.

Pengelolaan Obat dan Perawatan Medis

Sebagian besar caregiver live-in memiliki pelatihan atau pengalaman dalam pengelolaan obat dan perawatan medis dasar. 

Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa lansia mengonsumsi obat mereka sesuai dengan resep dokter, serta memberikan perawatan yang diperlukan jika ada luka atau masalah kesehatan lainnya.

Membantu dalam Aktivitas Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari, caregiver live-in membantu lansia dalam menjalankan tugas-tugas rumah tangga, seperti membersihkan rumah, memasak makanan, dan berbelanja. 

Hal ini membantu mengurangi beban tugas rumah tangga bagi lansia dan memungkinkan mereka untuk fokus pada kegiatan yang lebih menyenangkan atau bermakna.

Meningkatkan Kualitas Hidup

Secara keseluruhan, keberadaan caregiver live-in membawa peningkatan kualitas hidup bagi lansia. Dengan memberikan perawatan fisik, emosional, dan praktis sehari-hari, caregiver live-in membantu lansia untuk tetap merasa nyaman dan aman di lingkungan rumah mereka sendiri, sambil tetap menjaga martabat dan otonomi mereka.

Peran Caregiver Live-In dalam Perawatan Lansia

Peran caregiver live-in dalam perawatan lansia sangat penting dalam memastikan bahwa lansia menerima perawatan yang memadai dan berkualitas di lingkungan rumah mereka sendiri. 

Berikut adalah beberapa peran utama caregiver live-in dalam merawat lansia:

Pengawasan Kesehatan Terus-Menerus

Caregiver live-in bertanggung jawab untuk memantau kondisi kesehatan lansia secara terus-menerus. Mereka mengamati tanda-tanda vital seperti tekanan darah, suhu tubuh, dan detak jantung, serta memantau perkembangan penyakit atau kondisi kesehatan lainnya. 

Jika ada perubahan atau gejala yang mencurigakan, mereka memberi tahu keluarga atau tenaga medis terkait untuk tindakan lebih lanjut.

Pendampingan dan Dukungan Emosional

Sebagai teman sehari-hari, caregiver live-in memberikan dukungan emosional yang sangat penting bagi lansia. 

Mereka mendengarkan keluhan, kekhawatiran, dan cerita lansia dengan penuh perhatian, serta memberikan dorongan dan semangat yang diperlukan untuk menjaga semangat hidup lansia.

Aktivitas dan Stimulasi Mental

Caregiver live-in membantu dalam menyediakan aktivitas dan stimulasi mental untuk menjaga kognisi dan kecerdasan lansia. 

Mereka mungkin melibatkan lansia dalam permainan, pembacaan buku, atau percakapan yang merangsang otak untuk menjaga pikiran lansia tetap aktif dan tajam.

Komunikasi dengan Keluarga dan Tenaga Medis

Caregiver live-in memainkan peran penting dalam berkomunikasi dengan keluarga lansia dan tenaga medis terkait. 

Mereka memberikan laporan tentang kondisi kesehatan dan perubahan yang terjadi pada lansia kepada keluarga secara teratur, serta berkoordinasi dengan dokter atau perawat untuk mendapatkan perawatan medis yang diperlukan.

Siapa yang Membutuhkan Layanan Ini?

Layanan caregiver live-in menjadi solusi yang sangat dibutuhkan bagi siapa saja yang memiliki anggota keluarga lanjut usia dengan kebutuhan perawatan yang tinggi. 

Berikut adalah beberapa kelompok yang mungkin membutuhkan layanan caregiver live-in:

Lansia dengan Kondisi Kesehatan Kronis

Lansia yang menderita kondisi kesehatan kronis seperti Alzheimer, Parkinson, atau penyakit lainnya sering membutuhkan perawatan intensif dan penuh waktu. 

Mereka mungkin memerlukan bantuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan pengawasan medis terus-menerus untuk memastikan kesejahteraan mereka.

Melansir George Town Homecare, caregiver sangat penting untuk pasien dengan penyakit dementia atau memiliki keterbatasan untuk bisa hidup secara mandiri di dalam rumah.

Lansia yang Mengalami Kesulitan Mobilitas

Lansia yang mengalami kesulitan mobilitas atau cacat fisik sering memerlukan bantuan ekstra dalam melakukan aktivitas fisik dan kegiatan harian. 

Caregiver live-in dapat membantu mereka dengan mandi, berpakaian, dan bergerak di sekitar rumah dengan aman.

Keluarga yang Tidak Dapat Memberikan Perawatan Penuh Waktu

Keluarga yang memiliki anggota lansia dengan kebutuhan perawatan tinggi seringkali tidak dapat memberikan perawatan penuh waktu karena komitmen pekerjaan, tanggung jawab keluarga lainnya, atau jarak geografis.

Dalam kasus ini, layanan caregiver live-in menjadi solusi yang sangat diperlukan untuk memastikan lansia tetap mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan.

Keluarga yang Membutuhkan Dukungan Tambahan 

Kadang-kadang, meskipun keluarga mampu memberikan perawatan sebagian waktu, mereka masih membutuhkan dukungan tambahan untuk menjaga kesejahteraan lansia secara konsisten. 

Layanan caregiver live-in dapat memberikan bantuan tambahan yang dibutuhkan tanpa mengganggu rutinitas atau tanggung jawab sehari-hari keluarga.

Bagaimana Mendapatkan Layanan Caregiver Live-In?

Mendapatkan layanan caregiver live-in yang berkualitas adalah langkah penting dalam memastikan kesejahteraan dan perawatan yang optimal bagi anggota keluarga lansia.

freepik.com

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mendapatkan layanan caregiver live-in yang tepat:

1. Melakukan Pencarian

Langkah pertama adalah melakukan penelitian dan pencarian teliti tentang agen atau perusahaan yang menyediakan layanan caregiver live-in. 

Melalui internet, Anda dapat menemukan berbagai platform atau situs web yang menawarkan layanan ini. Pastikan untuk membaca ulasan dan testimoni dari pasien sebelumnya untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang reputasi dan kualitas layanan yang disediakan.

2. Konsultasi dan Evaluasi

Setelah menemukan beberapa calon penyedia layanan caregiver live-in, langkah berikutnya adalah mengatur konsultasi atau pertemuan dengan mereka. 

Selama konsultasi ini, jelaskan dengan jelas kebutuhan perawatan dan preferensi Anda, serta diskusikan proses seleksi dan penempatan caregiver live-in.

3. Pemilihan Caregiver

Setelah menentukan agen atau perusahaan yang tepat, Anda akan diminta untuk melakukan proses pemilihan caregiver live-in. 

Agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi keluarga, pastikan untuk memberikan informasi yang jelas dan detail tentang kondisi kesehatan lansia, preferensi bahasa atau budaya, serta kebutuhan khusus lainnya.

4. Pertemuan dan Wawancara

Langkah berikutnya adalah mengatur pertemuan dan wawancara dengan calon caregiver live-in. Selama wawancara, pertimbangkan untuk menanyakan tentang pengalaman kerja mereka, kualifikasi pendidikan atau pelatihan, serta keterampilan dan kepribadian yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda.

5. Referensi dan Pemeriksaan Latar Belakang

Sebelum membuat keputusan akhir, pastikan untuk meminta referensi dari calon caregiver live-in dan lakukan pemeriksaan latar belakang untuk memastikan bahwa mereka memiliki catatan kerja yang bersih dan dapat dipercaya. Hal ini penting untuk melindungi keamanan dan kesejahteraan lansia dan keluarga Anda.

6. Kesepakatan Kontrak

Setelah memilih caregiver live-in yang tepat, langkah terakhir adalah membuat kesepakatan kontrak yang jelas dan rinci. Kontrak harus mencakup semua detail tentang jadwal kerja, tugas dan tanggung jawab caregiver, pembayaran, serta kebijakan pembatalan dan penggantian jika diperlukan.

Gunakan aplikasi Carepro untuk mendapatkan layanan Caregiver Live In terbaik. Anda hanya perlu download di Playstore atau App Store pada smartphone Anda.

Partner yang bekerjasama dengan Carepro telah tersertifikasi, harga yang ditawarkan lebih hemat, kecepatan pemesanan yang memudahkan Anda, dan rasa nyaman dan aman saat melakukan pemesenan caregiver, menjadikan aplikasi ini unggul di antara yang lain.

Tunggu apa lagi? Download sekarang juga, dan nikmati perawatan caregiver terbaik.

Pertanyaan Umum Seputar Caregiver Live In

Apa yang dimaksud dengan caregiver lansia?

Caregiver merupakan sebuah layanan kesehatan yang bisa Anda dapatkan di rumah. Tak terkecuali untuk lansia. Perawat profesional yang telah memiliki sertifikasi keperawatan siap melakukan pendampingan bagi orang tua atau lansia.

Berapa gaji caregiver lansia?

Untuk gaji seorang caregiver lansia berkisar 3 - 4,5 juta rupiah perbulannya tergantung dengan kebutuhan Anda.

Apa perbedaan antara perawat dan caregiver?

Caregiver memiliki tanggungjawab untuk merawat satu pasien secara khusus, sekaligus memberikan dukungan emosional selain dukungan kesehatan. Sedangkan perawat memiliki tanggungjawab untuk merawat beberapa pasien.

Kesimpulan

Dengan mengenal apa itu caregiver live-in, manfaat bagi lansia, peran mereka dalam perawatan, siapa yang membutuhkan layanan ini, dan bagaimana cara mendapatkannya, kini Anda telah mengetahui tentang pentingnya layanan ini dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan lansia.

Dalam rangka memastikan bahwa lansia mendapatkan perawatan yang terbaik yang mereka butuhkan, penting untuk memilih caregiver live-in yang berkualitas dan dapat diandalkan. 

Dengan memberikan perawatan fisik, emosional, dan praktis sehari-hari, caregiver live-in membantu lansia untuk tetap merasa nyaman dan aman di lingkungan rumah mereka sendiri.

Aplikasi Carepro menawarkan caregiver profesional yang siap membantu Anda dalam merawat orang tua atau lansia. Anda hanya perlu download dan pilih caregiver yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain caregiver live in, Carepro juga menawarkan layanan caregiver visit, dokter visit, fisioterapi, perawat live in, perawat visit, dan telekonsultasi.

Referensi

Active Global Caregiver. WHAT IS A LIVE-IN CAREGIVER?. Diakses pada 25 April 2024.

George Town Homecare. What Is a Live-In Caregiver?. Diakses pada 25 April 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id