Kapan Membutuhkan Perawat ke Rumah? Kenali Tanda-tandanya

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Jika Anda sedang dalam kondisi kesehatan yang tidak baik, mungkin saja Anda membutuhkan perawat di rumah. Kenali tanda-tandanya di sini!

Dalam kehidupan sehari-hari, kesehatan adalah salah satu aspek terpenting yang harus dijaga. Namun, ada kalanya kondisi kesehatan seseorang memerlukan perhatian khusus dan perawatan yang lebih intensif. 

Di sinilah peran perawat ke rumah menjadi sangat penting. Layanan perawat ke rumah, atau biasa disebut homecare, tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga memastikan Anda mendapatkan perawatan yang sesuai di lingkungan yang Anda miliki. 

Artikel ini membahas kapan waktu yang tepat untuk mempertimbangkan layanan homecare perawat ke rumah dan mengenali tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda atau orang yang Anda cintai mungkin memerlukannya.

Mari bahas lebih lanjut untuk memastikan bahwa Anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

Manfaat Adanya Perawat di Rumah

freepik.com

Memiliki perawat di rumah memberikan berbagai manfaat yang sangat baik, baik bagi Anda maupun keluarga. 

Melansir Lana Life Care, berikut adalah beberapa keuntungan utama dari layanan perawat di rumah:

Perawatan Sesuai dengan Kebutuhan

Perawat di rumah dapat memberikan perawatan yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Mereka akan bekerja sama dengan dokter dan keluarga untuk memberikan perawatan yang tepat dengan kondisi kesehatan Anda.

Kenyamanan dan Kemudahan

Layanan homecare memungkinkan Anda untuk tetap berada di lingkungan yang nyaman, di rumah Anda sendiri. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang seringkali timbul saat harus dirawat di rumah sakit atau fasilitas perawatan lainnya.

Pemantauan Kesehatan yang Lebih Intensif

Perawat di rumah dapat memantau kondisi kesehatan Anda secara berkala dan intensif. Ini memungkinkan deteksi dini terhadap perubahan kondisi kesehatan yang mungkin memerlukan penanganan segera, sehingga dapat mencegah komplikasi yang lebih serius.

Dukungan Emosional dan Psikologis

Perawat di rumah tidak hanya memberikan perawatan fisik, tetapi juga dukungan emosional dan psikologis. Mereka bisa menjadi pendengar yang baik dan memberikan dukungan moral untuk Anda dan keluarga, yang sangat penting dalam proses penyembuhan.

Pengaturan Obat yang Lebih Baik

Banyak pasien, terutama yang memiliki kondisi kronis, memerlukan pengaturan cara minum obat yang rumit. Perawat di rumah dapat membantu Anda memastikan bahwa obat-obatan diambil sesuai dengan jadwal dan dosis yang tepat, serta memonitor efek samping yang mungkin terjadi.

Pengurangan Risiko Infeksi

Dirawat di rumah sakit dapat meningkatkan risiko terkena infeksi nosokomial (infeksi yang didapat di rumah sakit). Dengan perawatan di rumah, risiko ini dapat dikurangi secara signifikan karena Anda berada di lingkungan yang lebih steril dan terkontrol.

Keterlibatan Keluarga

Layanan homecare memungkinkan anggota keluarga untuk lebih terlibat dalam proses perawatan Anda. Ini bisa memperkuat ikatan keluarga dan memberikan rasa tenang bahwa orang yang mereka cintai mendapatkan perawatan yang terbaik.

Efisiensi Biaya

Dalam banyak kasus, layanan homecare dapat lebih ekonomis dibandingkan dengan biaya rawat inap di rumah sakit. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi atau penginapan keluarga yang menemani di rumah sakit.

Dengan berbagai manfaat ini, layanan homecare atau perawat di rumah menjadi pilihan yang tepat bagi banyak keluarga yang ingin memastikan bahwa anggota keluarga mereka mendapatkan perawatan yang terbaik dan nyaman di lingkungan rumah.

Baca juga: Apa itu Homecare? Ini Jenis Layanan dan Keuntungannya

Kapan Membutuhkan Perawat ke Rumah?

freepik.com

Melansir Nurse Next Door, mengetahui kapan membutuhkan perawat ke rumah sangat penting untuk memastikan bahwa Anda atau orang yang Anda cintai mendapatkan perawatan yang tepat dan optimal. 

Berikut adalah beberapa situasi dan kondisi di mana kehadiran perawat di rumah sangat diperlukan:

Kondisi Medis Kronis

Anda dengan kondisi medis kronis seperti diabetes, penyakit jantung, atau penyakit paru-paru sering memerlukan pemantauan dan perawatan yang berkelanjutan. Perawat di rumah dapat membantu merawat Anda dengan memantau tanda-tanda vital, memberikan obat, dan mendukung perubahan gaya hidup yang diperlukan.

Pemulihan Pasca Operasi atau Cedera

Setelah operasi atau cedera serius, Anda mungkin memerlukan perawatan intensif untuk pemulihan yang optimal. Perawat di rumah dapat membantu dalam perawatan luka, pengelolaan nyeri, dan terapi fisik, sehingga mempercepat proses pemulihan.

Perawatan Lansia

Lansia sering menghadapi berbagai masalah kesehatan yang memerlukan perhatian khusus. Kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari (seperti mandi, berpakaian, dan makan) dapat menjadi tanda bahwa perawat di rumah diperlukan. Perawat dapat membantu lansia menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih nyaman dan aman.

Kebutuhan Perawatan Medis

Jika Anda memiliki penyakit serius, mungkin Anda memerlukan perawatan medis yang lebih banyak untuk menjaga kesehatan Anda. Perawat di rumah dapat membantu meredakan nyeri, dukungan emosional, dan memberikan bantuan dalam aktivitas sehari-hari, sehingga Anda dapat menjalani hari-hari dengan lebih nyaman.

Baca juga: Perawat Orang Sakit: Solusi Tepat untuk Mendapatkan Perawatan di Rumah

Perawatan Kesehatan Mental

Kondisi kesehatan mental seperti depresi berat, gangguan bipolar, atau skizofrenia mungkin memerlukan perhatian dan dukungan terus-menerus. Perawat di rumah dapat membantu memantau kondisi mental, memberikan dukungan emosional, dan memastikan Anda mengikuti pengobatan mereka.

Kesulitan dalam Aktivitas Sehari-hari

Jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari (seperti makan, mandi, berpakaian, atau bergerak), kehadiran perawat di rumah dapat sangat membantu. Perawat dapat memberikan bantuan yang diperlukan dan memastikan bahwa kebutuhan dasar Anda telah terpenuhi dengan baik.

Kebutuhan Pemantauan Rutin

Jika Anda memerlukan pemantauan kesehatan rutin, seperti pemeriksaan tekanan darah, atau kadar gula darah, kehadiran perawat di rumah akan sangat membantu Anda. Ini memastikan bahwa kondisi mereka tetap stabil dan mengurangi risiko komplikasi.

Mengetahui kapan membutuhkan perawat ke rumah adalah langkah penting dalam memastikan perawatan yang tepat dan berkualitas. 

Dengan bantuan perawat di rumah, Anda dapat menerima perawatan medis yang diperlukan dalam lingkungan yang nyaman dan aman, di rumah sendiri.

CarePro, aplikasi penyedia layanan kesehatan hadir untuk membantu Anda mendapatkan perawat terbaik dan terpercaya.

Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store, pilih layanan kesehatan yang Anda butuhkan, lalu pilih perawat sesuai dengan prefernsi Anda.

Layanan kesehatan yang tersedia, seperti caregiver live in, caregiver visit, dokter visit, fisioterapi, perawat live in, perawat visit, dan telekonsultasi, siap memberikan perawatan yang tepat untuk Anda.

Referensi

Lana Life Care (2023). Top Benefits of Home Nursing for Patients & Families. Diakses pada 2 Juli 2024

Nurse Next Door (2022). When should you get in-home nursing care for a loved one?. Diaksea pada 2 Juli 2024

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id