Kenali 5 Ciri-ciri Payudara yang Sehat dan Normal

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Payudara adalah bagian penting dari tubuh wanita yang memainkan peran besar dalam kesehatan dan kecantikan. Namun, penting untuk memahami ciri-ciri payudara yang sehat dan normal untuk deteksi dini masalah kesehatan dan perawatan yang tepat.

Payudara adalah bagian penting dari tubuh wanita yang memainkan peran besar dalam kesehatan dan kecantikan. Berdasarkan data dari Global Cancer Observatory (Globocan), kanker payudara sendiri termasuk dalam 10 penyebab kematian terbanyak pada wanita, dengan angka kejadian sebesar 42,1 per 100.000 penduduk serta rata-rata angka kematian 17 per 100.000 jiwa.

Oleh karena itu, penting untuk memahami ciri-ciri payudara yang sehat dan normal untuk deteksi dini masalah kesehatan dan perawatan yang tepat. Berikut CarePro akan membahas mengenai ciri-ciri payudara yang sehat dan normal, yuk simak!

Baca juga: 7 Penyebab Munculnya Memar di Tubuh: Lebih dari Sekadar Tanda Kelelahan

Ciri-ciri Payudara Sehat dan Normal

Salah satu upaya agar memiliki payudara yang sehat adalah dengan melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI), sebagai langkah awal untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada payudara sejak dini. 

Mengetahui payudara yang sehat dan normal terdapat ciri-ciri yang bisa terlihat, diantaranya:

1. Bentuk payudara yang tidak simetris

Payudara yang sehat cenderung memiliki bentuk yang hampir simetris. Meskipun mungkin ada perbedaan ukuran yang alami antara payudara kiri dan kanan, perbedaan yang signifikan dalam bentuk atau ukuran dapat menjadi tanda masalah.

Namun, anda tak perlu khawatir ukuran pada payudara memang dapat mengalami perubahan seiring bertambahnya waktu, karena payudara sangat responsif terhadap perubahan hormon pada wanita, seperti ketika menstruasi.

Dilansir dari The Women’s, ketika menstruasi hormon estrogen akan meningkat hingga menyebabkan kelenjar susu bengkak serta membuat payudara tampak terdapat benjolan.

Perlu hati-hati, pasalnya benjolan yang muncul di sekitar payudara atau ketiak juga bisa menjadi tanda adanya kista atau tumor jinak. Untuk mengetahui adanya benjolan atau tidak, Anda juga bisa melakukan 'perabaan' menggunakan jari jemari di sekitar dada. Namun, jika benjolan tersebut tidak hilang dalam enam minggu, disarakan untuk segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan tindakan yang perlu dilakukan.

2. Tidak mengeluarkan cairan

Payudara yang normal umumnya tidak mengeluarkan cairan dari puting susu, kecuali cairan ASI pada saat menyusui atau cairan payudara yang muncul sebelum masa menopause akibat perubahan hormon.

Beberapat tanda yang perlu diwaspadai adalah apabila payudara mengeluarkan cairan berwarna jernih, merah (berdarah), atau kehijauan pada salah satu putingnya.

3. Tidak terasa sakit ketika diraba

Pada payudara normal, nyeri biasanya akan muncul saat menjelang siklus menstruasi dan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika rasa sakit yang terjadi tidak kunjung hilang, ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Perlu diwaspadai, ada beberapa kondisi yang timbul rasa nyeri ketika diraba, antara lain fibroadenoma (tumor jinak), kanker payudara, hingga mastitis atau peradangan payudara.

Baca juga: 7 Jenis Penyakit Autoimun yang Sering Terjadi

4. Tidak terjadi perubahan pada area sekitar payudara

Payudara yang sehat dan normal, biasanya memiliki kondisi kulit sekitar yang tidak mengalami kering, berkerut, pecah-pecah, kemerahan, bersisik, gatal, hingga kemerahan. Apabila Anda menemukan tanda-tanda yang tidak normal, segera periksakan ke dokter untuk memastikan tanda-tanda seperti yang disebutkan tidak berbahaya. 

Pasalnya, perubahan yang terjadi pada area sekitar payudara bisa menjadi penyebab payudara mengalami abses, ekstasia saluran susu, hingga kanker payudara inflamasi.

5. Payudara terasa hangat ketika disentuh

Ciri-ciri payudara yang sehat selanjutnya adalah memiliki kulit dada atau kulit yang berada di area payudara terasa hangat ketika disentuh. Namun jika suhunya terlalu panas, hal ini bisa menjadi pertana infeksi atau mastitis. Guna mengatasi kondisi ini, umumnya dokter akan memberikan obat-obatan seperti antibiotik.

Cara Menjaga Payudara Agar Tetap Sehat

Setiap wanita umumnya memiliki risiko yang sama untuk terkena gangguan payudara. Guna menghindari hal tersebut, perlu dilakukan langkah untuk menjaga payudara agar tetap sehat. Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan payudara:

Baca juga: Kenali Manfaat Telekonsultasi: Layanan Konsultasi Kesehatan Online di Era Digital

  • Mengonsumsi makanan yang sehat. Mengonsumsi makanan yang sehat dapat menurunkan risiko perkembangan jaringan pemicu kanker dan sel abnormal. Dilansir dari Halodoc, diet yang sehat dalam jumlah minimal sekalipun juga dapat mengurangi risiko terjadinya masalah pada payudara, terutama kanker payudara.
  • Menjaga berat badan tetap ideal. Menjaga berat badan ideal dapat membantu menjaga kesehatan payudara. Pasalnya, berat badan yang berlebih dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.
  • Melakukan olahraga secara rutin. Berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan payudara. Olahraga dapat membantu menjaga berat badan ideal dan meningkatkan sirkulasi darah.
  • Rutin melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Dengan melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) secara rutin untuk mendeteksi perubahan pada payudara. 
  • Lakukan pijat payudara. Memijat payudara secara teratur untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan payudara. Pijat ini dapat dilakukan dengan menggunakan minyak atau lotion.

Memahami ciri-ciri payudara yang sehat dan normal adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan payudara. Wanita lebih disarankan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri secara teratur dan berkonsultasi dengan dokter jika mereka melihat perubahan atau gejala yang mencurigakan. Deteksi dini dapat membantu dalam penanganan masalah kesehatan payudara dengan lebih efektif dan meningkatkan prognosisnya.

Layanan Telekonsultasi CarePro siap membantu Anda dengan konsultasi nyaman di rumah. Download aplikasi CarePro secara gratis untuk pesan layanan kesehatan yang Anda butuhkan hari ini. Tim medis kami siap membantu keluhan Anda!


Health Central (2023). 6 Signs That You Have Healthy Breasts. Diakses pada 23 Mei 2024. 

Web MD (2022). Your Breasts: What’s Normal, What’s Not?. Diakses pada 23 Mei 2024.

Healthline (2019). Aging Changes in the Breast. Diakses pada 23 Mei 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id