Kenali 5 Tips Memilih Perawat Visit Lansia yang Aman, Jangan Asal Pilih!

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Sebagai seorang anak, tentu kita ingin memastikan orang tua bisa selalu mendapatkan perhatian terutama kesehatan di usia senja. Guna membantu aktivitas lansia di rumah, jasa layanan perawat visit bisa menjadi solusinya. Lantas, bagaimana mencari perawat lansia yang baik dan benar?

Sebagai seorang anak, tentu kita ingin memastikan orang tua bisa selalu mendapatkan perhatian terutama kesehatan di usia senja. Pasalnya, memasuki usia lanjut, lansia akan sangat rentan terhadap penyakit, baik ringan maupun berat. Pergerakan juga terbatas karena kondisi tubuh yang sudah tidak sekuat waktu muda.

Oleh sebab itu, guna membantu aktivitas lansia di rumah, jasa layanan perawat visit bisa menjadi solusinya. Lantas, bagaimana mencari perawat lansia yang baik dan benar? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Caregiver Live In untuk Layanan Kesehatan Lansia di Rumah

Sekilas Tentang Peran Perawat Visit Lansia

Perawat adalah salah satu profesi yang bertugas menjaga serta merawat kesehatan pasien dari berbagai usia.

Sedangkan perawat lansia atau caregiver adalah perawat yang tugas utamanya adalah mengurus dan merawat segala keperluan lansia sehari-hari, mulai dari membantu membersihkan diri, menyuapi makanan dan minuman, serta membantu dalam bertugas merawat pasien yang sedang sakit di rumah sakit atau fasilitas kesehatan umum lain. 

Tips Memilih Perawat Visit untuk Lansia

Berikut ini, kami rangkum beberapa tips yang bisa dilakukan jika Anda ingin menggunakan perawat visit untuk lansia, diantaranya sebagai berikut:

1. Mengetahui latar belakang pendidikan dan pengalaman perawat

Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari tahu latar belakang dan pengalaman perawat visit untuk lansia. Tujuannya tentu agar dapat perawat lansia yang aman dan profesional serta sesuai dengan kebutuhan pasien yang akan dirawat.

Setidaknya, secara teori dan pengetahuan perawat lansia perlu memiliki wawasan dan pengalaman dalam merawat lansia terutama lansia yang sakit.

Anda tak perlu khawatir, pada aplikasi Care Pro, dapat membantu Anda untuk menghubungkan antara penyedia jasa baik medis maupun non medis dengan pengguna jasa berdasarkan kebutuhan, lokasi, dan preferensi secara aman, cepat, dan nyaman.

2. Pilihlah perawat yang mudah beradaptasi dengan cepat

Seorang perawat lansia perlu memiliki kemampuan adaptasi yang baik, terutama bagi calon pasien lansia yang akan dirawatnya. Selain itu juga dengan anggota keluarga.

Para calon perawat tersebut juga wajib bisa mengetahui karakter dan hal penting apa saja yang dibutuhkan lansia. 

Selain itu, perawat lansia juga perlu tanggap dan cekatan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Pilihlah perawat lansia yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Komunikasi adalah salah satu poin penting bagi seorang perawat lansia untuk mengambil hati seorang lansia yang akan dirawat. Mereka juga perlu tahu bagaimana gaya komunikasi yang tepat dan sesuai.

Dalam hal ini, Anda dapat memilih calon perawat lansia yang pintar dalam membawakan diri serta bisa menjadi sosok teman bagi lansia.

Baca juga: 5 Tips Memilih Caregiver Live In

4. Memiliki rasa empati

Tips selanjutnya adalah pilihlah perawat lansia yang memiliki rasa empati yang tinggi. Kesabaran dan keiklasan yang mereka miliki adalah sebuah pengabdian diri ketika mereka akan merawat lansia. Sebab, tidak ada alasan bagi seorang perawat lansia yang sudah terlatih untuk mengesampingkan rasa empati mereka.

5. Pilihlah tempat penyedia jasa layanan yang terbaik

Guna mencari perawat lansia yang aman dan profesional, paling mudah dapat melalui jasa penyalur perawat atau perusahaan penyedia layanan kesehatan. Berikut ini standar yang baik dan aman dalam memilih tempat penyedia jasa layanan perawat lansia visit, diantaranya:

  • Responsif. Kapan saja Anda menghubungi mereka, akan selalu ada tanggapan dengan cepat.
  • Garansi. Pilihlah penyedia jasa yang memberikan garansi terhadap jenis layanan yang akan Anda gunakan.
  • Adanya pelatihan. Pilihlah jasa layanan yang memberikan teori, praktikum, dan pelatihan lainnya bagi para perawat. Sehingga, kualitas perawat juga dapat dipercaya.
  • Fokus. Pilihlah penyedia jasa layanan khususnya perawat lansia yang fokus memang menyediakan jasa tersebut. Sebab ada beberapa perusahaan yang menggabungkan antara perawat dengan pembantu (ART).

Aplikasi Carepro menawarkan caregiver visit profesional yang siap membantu Anda dalam merawat orang tua atau lansia. Anda hanya perlu download dan pilih caregiver yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain, CarePro juga menawarkan layanan caregiver visit, dokter visit, fisioterapi, perawat live in, perawat visit, dan telekonsultasi.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id