10 Langkah dan Cara Menjadi Perawat Homecare

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Ingin menjadi perawat homecare? Pahami 10 langkah dan cara menjadi perawat homecare berikut ini!

Menjadi perawat homecare adalah pilihan karir yang banyak diminati masyarakat Indonesia seiring dengan meningkatnya kebutuhan perawatan kesehatan di rumah.

Profesi ini tidak hanya memberikan kebebasan waktu kerja, tetapi juga memungkinkan perawat untuk memiliki hubungan yang lebih personal dengan pasien mereka. 

Bagi Anda yang tertarik untuk meniti karir sebagai perawat homecare, artikel ini memberikan panduan lengkap mengenai langkah-langkah yang perlu Anda tempuh untuk menjadi perawat homecare profesional. 

Dari pendidikan dan pelatihan yang Anda perlukan hingga cara membangun hubungan profesional kerja, CarePro membahas 10 langkah dan cara menjadi perawat homecare yang harus Anda lalui.

Apa Itu Perawat Homecare?

freepik.com

Perawat homecare adalah tenaga medis yang memberikan perawatan kesehatan dan bantuan medis langsung di rumah pasien. 

Melansir HealthStream, persyaratan pendidikan untuk perawat di rumah tergantung pada sertifikasi keperawatan berikut ini:

  • RN menyelesaikan program keperawatan yang terakreditasi dan memperoleh gelar associate dalam keperawatan. 
  • LPN menyelesaikan program keperawatan terakreditasi dan ujian untuk mendapatkan lisensi.
  • Perawat tidak berlisensi tetapi memperoleh sertifikasi.

Pada dasarnya, pekerjaan ini melibatkan berbagai tugas yang berkaitan dengan perawatan kesehatan, termasuk pemantauan kondisi kesehatan, pemberian obat, perawatan luka, hingga bantuan dalam aktivitas sehari-hari seperti mandi dan makan. 

Perawat homecare bekerja secara langsung dengan pasien yang mungkin mengalami kondisi kronis, pemulihan pasca operasi, disabilitas, atau membutuhkan perawatan lanjut usia.

Perawat homecare berbeda dengan perawat di rumah sakit atau klinik karena mereka bekerja di lingkungan rumah pasien, memberikan perawatan yang lebih personal dan terfokus pada kebutuhan tiap pasien. 

Selain pengetahuan medis, perawat homecare juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, empati, dan kemampuan untuk bekerja secara mandiri. 

Baiknya, mereka sering kali menjadi penghubung antara pasien, keluarga, dan tim medis, memastikan bahwa pasien menerima perawatan yang konsisten dan terkoordinasi.

Layanan perawat homecare bisa mencakup perawatan jangka pendek atau jangka panjang, tergantung pada kebutuhan pasien. 

Dengan meningkatnya permintaan untuk perawatan kesehatan di rumah, profesi ini menjadi semakin penting dalam layanan kesehatan. 

Baca juga: Apa itu Homecare? Ini Jenis Layanan dan Keuntungannya

Pentingnya Perawat Homecare

freepik.com

Perawat homecare memainkan peran penting dalam sistem perawatan kesehatan saat ini. Mereka menyediakan layanan medis dan non-medis langsung di rumah pasien, yang menawarkan sejumlah manfaat bagi pasien dan keluarga mereka. 

Melansir Western Governors University, pasien yang dirawat ini bisa saja lansia, orang dengan sakit kritis, atau cacat, atau mereka mungkin baru saja pulih dari operasi, cedera, atau kecelakaan. Selain itu, perawat di rumah juga dapat membantu ibu hamil dan ibu baru dengan perawatan yang tepat.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa perawat homecare sangat penting:

Perawatan Sesuai dengan Anda

Perawat homecare memberikan perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pasien. Mereka dapat memantau kondisi kesehatan pasien secara lebih detail dan membuat penyesuaian yang diperlukan dalam rencana perawatan berdasarkan pengamatan langsung.

Meningkatkan Kondisi Kesehatan Pasien 

Dengan perawatan yang diberikan di rumah, pasien cenderung merasa lebih nyaman dan aman. Ini dapat mengurangi stres dan kecemasan yang seringkali dialami di rumah sakit atau fasilitas medis lainnya.

Pengurangan Risiko Infeksi

Perawatan di rumah mengurangi risiko infeksi yang sering terjadi di rumah sakit. Lingkungan rumah yang lebih bersih dan terbatasnya kontak dengan pasien lain dapat membantu mencegah penularan penyakit menular.

Efisiensi Biaya

Perawatan di rumah sering kali lebih terjangkau dibandingkan dengan perawatan di rumah sakit atau fasilitas perawatan lainnya. Ini dapat membantu mengurangi biaya medis tanpa mengurangi kualitas perawatan yang diterima pasien.

Pemulihan yang Lebih Cepat

Pasien yang dirawat di rumah seringkali menunjukkan pemulihan yang lebih cepat. Lingkungan yang dikenal dan dukungan emosional dari keluarga dapat mempercepat proses penyembuhan dan rehabilitasi.

Baca juga: Kapan Membutuhkan Perawat ke Rumah? Kenali Tanda-tandanya

10 Langkah dan Cara Menjadi Perawat Homecare

freepik.com

Menentukan Niat dan Tujuan

  1. Refleksi Diri: Pertimbangkan mengapa Anda ingin menjadi perawat homecare. Apakah karena keinginan untuk membantu orang lain, fleksibilitas kerja, atau alasan lain?
  2. Kemampuan: Evaluasi apakah Anda memiliki karakteristik yang diperlukan seperti empati, kesabaran, dan keterampilan komunikasi yang baik.

Menyelesaikan Pendidikan Dasar Keperawatan

  1. Program Pendidikan: Daftarkan diri di program pendidikan keperawatan yang terakreditasi, seperti D3 atau S1 Keperawatan.
  2. Institusi Terbaik: Pilih institusi pendidikan yang memiliki reputasi baik dan fasilitas yang memadai.

Mengikuti Pelatihan Khusus Homecare

  1. Pelatihan Tambahan: Ikuti pelatihan khusus yang fokus pada perawatan di rumah, termasuk perawatan, penggunaan peralatan medis rumah, dan penanganan pasien dengan kebutuhan khusus.
  2. Sertifikasi: Pastikan Anda mendapatkan sertifikasi yang relevan untuk memperkuat kredibilitas Anda

Mendapatkan Pengalaman Kerja di Rumah Sakit atau Puskesmas

  1. Pengalaman: Carilah kesempatan magang atau kerja di rumah sakit atau puskesmas untuk mendapatkan pengalaman dalam lingkungan medis.
  2. Beragam Kasus: Cobalah untuk terlibat dalam berbagai kasus untuk mengembangkan pengetahuan Anda.

Mengembangkan Komunikasi dan Empati

  1. Keterampilan Interpersonal: Latih kemampuan berkomunikasi dengan pasien dan keluarga mereka. Empati dan kesabaran sangat penting dalam merawat pasien di rumah.
  2. Kursus Tambahan: Ikuti kursus atau pelatihan yang dapat membantu meningkatkan keterampilan komunikasi Anda.

Memperoleh Lisensi dan Sertifikasi

  1. Lisensi Keperawatan: Pastikan Anda memiliki lisensi keperawatan yang sah dari badan regulasi yang berwenang di Indonesia.
  2. Proses Sertifikasi: Ikuti prosedur yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikasi homecare jika tersedia.

Membangun Jaringan dan Relasi

  1. Relasi: Bergabunglah dengan organisasi dan komunitas perawat untuk membangun relasi.
  2. Kemitraan: Jalin hubungan dengan agen homecare dan teaga medis lainnya untuk membuka peluang kerja.

Melamar di Agen atau Membuka Praktek Mandiri

  1. Kerja di Agen: Pertimbangkan untuk melamar pekerjaan di agen homecare untuk mendapatkan pengalaman awal.
  2. Praktek Mandiri: Jika Anda lebih suka bekerja secara independen, pelajari persyaratan dan langkah-langkah untuk membuka praktek homecare sendiri.

Menjaga Profesionalisme dan Etika Kerja

  1. Etika Kerja: Jaga profesionalisme dan etika kerja yang tinggi dalam semua interaksi dengan pasien dan keluarga.
  2. Pengembangan Diri: Terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan terbaru dalam bidang keperawatan dan perawatan homecare.

Terus Mengembangkan Diri dan Mengikuti Pelatihan

  1. Pendidikan: Ikuti kursus dan pelatihan lanjutan untuk memperbarui pengetahuan dan skill Anda.
  2. Konferensi dan Seminar: Hadiri konferensi dan seminar yang relevan untuk tetap update tentang tren dan praktik terbaru dalam perawatan homecare.

CarePro: Aplikasi Layanan Kesehatan Terbaik

Menjadi perawat homecare adalah pilihan karir yang memerlukan dedikasi, komitmen, dan keterampilan khusus. Dengan mengikuti 10 langkah yang telah dijelaskan, Anda bisa mempersiapkan diri untuk memberikan perawatan yang berkualitas dan personal di rumah pasien. 

Jika Anda membutuhkan layanan perawatan kesehatan di rumah atau tertarik untuk memulai karir sebagai perawat homecare, aplikasi CarePro adalah solusi yang tepat. 

CarePro menyediakan platform yang mudah digunakan untuk menemukan layanan kesehatan homecare yang berkualitas dan terpercaya. 

Bagi Anda yang ingin bekerja sebagai perawat homecare, CarePro juga menawarkan kesempatan untuk bergabung dengan jaringan profesional yang luas, memberikan Anda akses ke calon pasien atau keluarganya dengan lebih mudah.

Unduh aplikasi CarePro sekarang secara gratis di Google Play Store atau App Store.

Baca juga: Perawat Orang Sakit: Solusi Tepat untuk Mendapatkan Perawatan di Rumah

Referensi

HealthStream (2023).What does a home health care nurse do?. Diakses pada 6 Juli 2024

Western Governors University (2020). What Is A Home Health Nurse?. Diakses pada 6 Juli 2024

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id