Fisioterapis: Prosedur, Jenis, dan Layanan

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Kenali layanan fisioterapi dan cari fisioterapis terdekat yang dapat merawat dengan nyaman di rumah Anda sendiri.

Fisioterapi telah menjadi bagian penting dari perawatan kesehatan modern saat ini. Tak dipungkiri, manfaat yang diberikan membantu banyak pasien pulih dari cedera, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Kebutuhan dalam mendapatkan layanan fisioterapi di rumah pun semakin banyak. Hal ini membuat permintaan fisioterapi panggilan meningkat.

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam mengenai konsep fisioterapi, mencakup prosedur-prosedur yang terlibat, jenis-jenisnya, serta berbagai layanan yang tersedia untuk masyarakat.

Yuk, simak penjelasannya dan kenali mengenai fisioterapi termasuk jasa fisioterapi datang ke rumah untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan layanan ini.

Apa Itu Fisioterapi?

freepik.com

Secara umum, fisioterapi juga dikenal sebagai terapi fisik yang merupakan suatu bidang medis yang berfokus pada rehabilitasi dan perawatan fisik untuk memperbaiki, mempertahankan, atau meningkatkan fungsi tubuh yang terganggu. 

Melansir NHS.uk, layanan fisioterapi dapat membantu Anda dalam memulihkan gerakan dan fungsi tubuh ketika Anda terkena cedera, penyakit atau disabilitas. 

Profesional di bidang ini, yang dikenal sebagai fisioterapis atau terapis fisik, akan bekerja dengan Anda untuk merancang program pengobatan yang sesuai dengan kondisi medis dan kebutuhan Anda. 

Bukan hanya itu saja, fisioterapi tidak hanya bertujuan untuk mengurangi gejala atau rasa sakit, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Dalam memudahkan Anda mendapatkan layanan fisioterapi, saat ini layanan fisioterapi home visit dapat Anda gunakan untuk mendapatkan layanan fisioterapi di rumah.

CarePro, suatu aplikasi layanan kesehatan menyediakan layanan fisioterapi home visit yang dapat dipesan melalui smartphone Anda.

Anda hanya perlu download melalui app store atau playstore, akses aplikasinya, dan temukan fisioterapis terdekat sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Prosedur Fisioterapi

freepik.com

Prosedur-prosedur fisioterapi dapat bervariasi tergantung pada kondisi medis spesifik Anda, namun beberapa teknik yang umum dilakukan oleh fisioterapis meliputi:

Evaluasi Awal

Langkah pertama dalam proses fisioterapi adalah melakukan evaluasi awal oleh fisioterapis. Mereka akan melakukan pemeriksaan fisik dan mendengarkan keluhan Anda untuk membuat diagnosis yang akurat dan merencanakan program pengobatan yang tepat.

Latihan Terapeutik

Latihan terapeutik dirancang untuk memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan keseimbangan. Ini bisa mencakup latihan kekuatan, latihan jangkauan gerakan, atau latihan stabilisasi inti, tergantung pada kebutuhan Anda.

Terapi Manual

Terapi manual melibatkan manipulasi jaringan lunak, seperti pijatan atau gerakan manipulatif, untuk mengurangi ketegangan otot, meningkatkan peredaran darah, dan mengurangi rasa sakit.

Terapi Modalitas

Terapi modalitas menggunakan berbagai modalitas fisik, seperti panas, dingin, atau stimulasi listrik, untuk mengurangi peradangan, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan proses penyembuhan.

Latihan Aerobik

Latihan aerobik, seperti berjalan atau bersepeda, dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan kesehatan paru-paru, serta memperbaiki stamina dan energi.

Jenis-jenis Fisioterapi

freepik.com

Mengutip College of Physiotherapists of Ontario, kondisi yang membuat Anda menemui fisioterapis seperti:

  1. Nyeri leher dan punggung yang disebabkan oleh masalah pada otot dan tulang
  2. Masalah pada tulang, sendi, otot dan ligamen, seperti radang sendi dan efek samping dari amputasi
  3. Masalah paru-paru seperti asma
  4. Kecacatan akibat masalah jantung
  5. Masalah panggul, seperti masalah kandung kemih dan usus yang berkaitan dengan persalinan
  6. Kehilangan mobilitas karena trauma pada otak atau tulang belakang, atau karena penyakit seperti penyakit Parkinson dan multiple sclerosis
  7. Kelelahan, nyeri, pembengkakan, kekakuan, dan hilangnya kekuatan otot, misalnya selama perawatan kanker, atau perawatan paliatif 

Fisioterapi sendiri mencakup berbagai jenis, yang masing-masing ditujukan untuk menangani masalah kesehatan yang spesifik. Beberapa jenis fisioterapi yang umum meliputi:

Fisioterapi Ortopedi

Fisioterapi ortopedi fokus pada perawatan cedera atau gangguan yang terkait dengan sistem muskuloskeletal, seperti patah tulang, cedera ligamen, atau osteoarthritis.

Fisioterapi Neurologis

Fisioterapi neurologis ditujukan untuk membantu Anda dengan kondisi neurologis seperti stroke, cedera otak traumatik, atau multiple sclerosis, dengan tujuan memperbaiki fungsi motorik dan kemandirian.

Fisioterapi Pediatrik

Fisioterapi pediatrik berfokus pada anak-anak dengan berbagai kondisi, mulai dari kelainan perkembangan hingga cedera olahraga, dengan tujuan memfasilitasi perkembangan motorik dan kemandirian.

Fisioterapi Olahraga

Fisioterapi olahraga membantu atlet dalam pemulihan cedera olahraga, meningkatkan kinerja atletik, dan mencegah cedera yang berulang dengan menggunakan teknik dan latihan yang spesifik untuk kebutuhan atlet.

CarePro menawarkan beberapa macam jenis fisioterapi yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, seperti fisioterapi umum, fisioterapi okupasi, fisioterapi stroke, dan fisioterapi wicara.

Semua tenaga medis atau fisioterapis yang ada di CarePro telah tersertifikasi dan telah terbukti melalui penyaringan keahliannya.

Layanan Fisioterapi

freepik.com

Layanan fisioterapi tersedia di berbagai fasilitas kesehatan, termasuk klinik fisioterapi independen, rumah sakit, pusat rehabilitasi, atau fasilitas perawatan jangka panjang. 

Anda dapat mengakses layanan ini melalui rujukan dari dokter mereka atau dengan menghubungi fisioterapis langsung.

Selain itu, Anda juga bisa mengakses jasa fisioterapi home visit untuk mendapatkan tenaga medis sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aplikasi CarePro dikenal dengan kemudahannya dalam menyediakan layanan fisioterapi home visit. 

Pemesanan secara langsung, harga terbilang lebih hemat, dan profesional tenaga medis menjadikan CarePro aplikasi layanan kesehatan yang disenangi banyak orang.

Bagaimana Mendapatkan Layanan Fisioterapi?

freepik.com

Untuk mendapatkan layanan fisioterapi, langkah pertama adalah berkonsultasi dengan dokter Anda. Dokter akan melakukan evaluasi awal dan merujuk Anda ke fisioterapis jika diperlukan.

Namun, dengan adanya aplikasi layanan kesehatan seperti CarePro, Anda hanya perlu memesan fisioterapis melalui smartphone Anda. 

CarePro memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan fisioterapis terdekat dan terbaik. Seperti yang telah disebutkan, CarePro juga memiliki fisioterapis yang tersertifikasi keahliannya.

Dengan menggunakan CarePro, Anda bisa mendapatkan layanan fisioterapi home visit dengan mudah.

Peran Fisioterapis dalam Perawatan Holistik

freepik.com

Selain membantu pasien dalam pemulihan fisik, fisioterapis juga memperhatikan aspek holistik kesehatan individu. 

Mereka bekerja sama dengan pasien untuk merancang program perawatan yang mencakup aspek fisik, emosional, dan psikologis. 

Melalui pendekatan holistik ini, fisioterapis membantu pasien mencapai kesehatan dan kesejahteraan secara menyeluruh.

Pertanyaan Umum Seputar Layanan Fisioterapi

Pelayanan fisioterapi apa saja?

Tenaga medis seperti dokter dan fisioterapis sering mengadopsi berbagai jenis terapi dan teknik fisik dalam praktik mereka. Contohnya meliputi terapi gerak, penggunaan laser, pelaksanaan latihan fisik yang disesuaikan, serta penggunaan ultrasonografi. 

Selain itu, mereka juga dapat merancang program khusus untuk mendeteksi dini dan mencegah penyakit atau masalah fisik yang umum terjadi.

Apa saja tugas fisioterapi?

Dalam fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih canggih, fisioterapis memiliki peran penting dalam merawat pasien yang mengalami berbagai masalah neuromuskuler, muskuloskeletal, kardiovaskular, pernapasan, serta masalah gerakan dan fungsi tubuh lainnya.

Apa itu tindakan fisioterapi?

Fisioterapi merupakan upaya rehabilitasi yang bertujuan untuk mencegah atau mengurangi keterbatasan fisik yang diakibatkan oleh cedera atau penyakit. 

Pelayanan fisioterapi dapat diberikan kepada pasien dari segala rentang usia dengan beragam tujuan, mulai dari mengurangi nyeri punggung hingga mempersiapkan kondisi fisik untuk kegiatan olahraga atau persalinan.

Apa saja yang ditangani fisioterapi?

Fisioterapis memiliki kemampuan untuk membantu mengatasi masalah tulang, seperti nyeri pada punggung, sindrom terowongan karpal, nyeri pada bagian bawah punggung, cedera pada tulang kaki, panggul, lutut, serta masalah pada persendian.

Berapa harga satu kali fisioterapi?

Biaya fisioterapi dapat berbeda-beda tergantung pada jenis program, jumlah sesi, teknik yang digunakan, dan fasilitas kesehatan tempat pelayanan tersebut diselenggarakan. 

Sebagai contoh, di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya fisioterapi biasanya bervariasi mulai dari Rp. 100.000 hingga lebih dari Rp. 400.000 per sesi, tergantung pada kompleksitas dan jenis perawatan yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Fisioterapi tidak hanya bertujuan untuk memulihkan fungsi tubuh yang terganggu akibat cedera atau penyakit, tetapi juga untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan. 

Dengan menggunakan berbagai teknik dan terapi fisik, fisioterapis dapat membantu siapa saja dari segala rentang usia, mulai dari anak-anak hingga lansia, dengan berbagai macam kondisi medis.

Pendekatan yang diberikan fisioterapis berorientasi pada Anda, dan bekerja untuk merancang program perawatan yang sesuai dengan kebutuhan, memastikan bahwa Anda mencapai hasil terbaik dalam pemulihan dan kesejahteraan Anda.

Menggunakan layanan fisioterapi home visit adalah pilihan yang paling sesuai untuk mendapatkan perawatan medis tanpa harus pergi ke rumah sakit atau klinik. 

Anda akan menikmati kenyamanan, fleksibilitas waktu, dan perawatan medis yang cepat, akurat, dan efisien. 

Karena itu, pilih CarePro sebagai penyedia layanan kesehatan Anda. Selain menawarkan layanan fisioterapi home visit, CarePro juga menyediakan berbagai layanan kesehatan terbaik lainnya, seperti Caregiver Live In, Caregiver Visit, Telekonsultasi, Dokter Visit, Perawat Visit, dan Perawat Live In.

Referensi

NHS. Physiotherapy. Diakses pada 6 Mei 2024.

College of Physiotherapists of Ontario. What is Physiotherapy?. Diakses pada 6 Mei 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id