Ini Perbedaan Caregiver dan Perawat

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Ketahui perbedaan caregiver dan perawat agar tidak salah pilih dalam menggunakan layanan kesehatan yang tepat bagi Anda.

Dalam layanan kesehatan, antara caregiver dan perawat sering kali dapat menyebabkan kebingungan. Hal ini dikarenakan kedua layanan kesehatan tersebut sama-sama bertugas untuk merawat pasien.

Namun, meskipun keduanya berfokus pada memberikan perawatan dan dukungan kepada siapa saja yang membutuhkan, ada perbedaan yang signifikan dalam tanggung jawab dan pendidikan yang diperlukan. 

Untuk mengetahui lebih jauh tentang perbedaan caregiver dan perawat, simak penjelasan mendalam mengenai kedua layanan tersebut, dan kondisi apa yang mengharuskan Anda membutuhkan seorang caregiver atau perawat.

Apa itu Caregiver?

freepik.com

Caregiver adalah seseorang yang akan memberikan perawatan dan dukungan langsung kepada orang yang sakit, lansia, atau cacat. 

Mereka biasanya bekerja di lingkungan rumah dan dapat membantu dengan aktivitas sehari-hari seperti mandi, makan, dan pembersihan. Selain itu, caregiver juga dapat memberikan dukungan emosional dan sosial.

Pada umumnya, caregiver lebih sering digunakan untuk merawat lansia. Melansir Unlimited Care Protects, caregiver live in dapat membantu lansia yang Anda cintai dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari, termasuk layanan perawatan pribadi. 

Caregiver akan membantu lansia yang Anda cintai untuk mandi, menggunakan kamar mandi, memasak makanan, atau berbelanja.

Apa itu Perawat?

freepik.com

Perawat adalah tenaga kesehatan profesional yang terlatih dan memiliki pendidikan formal dalam ilmu keperawatan. 

Mereka bertanggung jawab atas perawatan pasien di berbagai layanan kesehatan, termasuk rumah sakit, klinik, dan fasilitas perawatan jangka panjang. 

Perawat tidak hanya memberikan perawatan fisik, tetapi mereka juga melakukan evaluasi medis, memberikan obat, dan memberikan pendidikan kepada pasien tentang perawatan diri.

Anda bisa mendapatkan caregiver atau perawat berpengalaman melalui aplikasi Carepro

Melalui aplikasi tersebut, Anda dapat menemukan caregiver dan perawat yang telah memiliki sertifikasi, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir tentang mutu layanan keperawatan yang disediakan.

Perbedaan Caregiver dan Perawat

Perbedaan utama antara caregiver dan perawat terletak pada pendidikan, lingkup praktik, dan keterlibatan medis. 

Sementara caregiver mungkin tidak memiliki pelatihan formal dalam bidang kesehatan, perawat diharuskan untuk menyelesaikan program pendidikan keperawatan yang diakui dan mendapatkan lisensi untuk praktik. 

Selain itu, perawat sering memiliki keterlibatan medis yang lebih besar daripada caregiver, termasuk memberikan perawatan medis yang kompleks dan meresepkan obat.

Mengutip NurseRegistry, ada 3 hal yang membuat kedua layanan kesehatan ini berbeda, seperti:

  1. Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan
  2. Pelatihan dan Pendidikan
  3. Peluang Kerja

Situasi di Mana Membutuhkan Caregiver atau Perawat

freepik.com

Kedua peran ini sering kali diperlukan dalam situasi yang berbeda. Caregiver biasanya cocok untuk Anda yang membutuhkan bantuan dengan aktivitas sehari-hari di rumah sendiri, sementara perawat lebih sering diperlukan di lingkungan medis seperti rumah sakit atau pusat perawatan jangka panjang.

Keputusan untuk menggunakan caregiver atau perawat juga dapat dipengaruhi oleh tingkat ketergantungan pasien dan kondisi medis yang ada.

Manfaatkan aplikasi Carepro untuk memperoleh layanan Caregiver Live In atau perawat terbaik. Anda hanya perlu mengunduhnya dari Play Store atau App Store pada perangkat smartphone Anda.

Mitra yang bersertifikasi, harga yang lebih terjangkau, proses pemesanan yang mudah, dan memberikan rasa nyaman serta keamanan saat memesan caregiver, menjadikan aplikasi ini menjadi pilihan utama.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh sekarang juga dan nikmati layanan caregiver atau perawat terbaik yang ditawarkan.

Pertanyaan yang Sering Muncul Tentang Perbedaan Caregiver dan Perawat

Apa itu caregiver dan tugas tugasnya?

Seorang caregiver merupakan tenaga kesehatan yang telah menyelesaikan program pendidikan atau pelatihan untuk memberikan bantuan kepada seseorang yang tidak dapat merawat dirinya sendiri, baik itu sebagian atau sepenuhnya karena adanya keterbatasan fisik atau mental.

Caregiver lulusan apa?

Seorang caregiver harus lulus minimal dengan gelar D3 dalam bidang kesehatan, kecuali keperawatan. Kabar baiknya, pemerintah Indonesia dan Jepang berkolaborasi dalam mengembangkan program kerja sebagai caregiver bagi warga Indonesia yang memiliki latar belakang kesehatan di luar keperawatan.

Berapa gaji caregiver di Indonesia?

Tiap lembaga home care atau yayasan yang menyediakan caregiver menetapkan tarif gaji yang beragam, tetapi secara umum, gaji seorang caregiver di Indonesia berkisar antara 2 hingga 3,5 juta rupiah per bulan.

Kesimpulan

Pada dasarnya, penting untuk diingat bahwa baik caregiver maupun perawat memiliki peran yang penting dalam memberikan perawatan kesehatan yang berkualitas. 

Meskipun perbedaan mereka mungkin jelas, keduanya berkontribusi pada kesejahteraan fisik dan emosional pasien. 

Memahami perbedaan antara caregiver dan perawat dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik tentang perawatan yang tepat untuk orang yang Anda cintai.

Aplikasi Carepro menyediakan tenaga caregiver yang terlatih untuk membantu Anda dalam merawat orang tua atau lansia. Cukup unduh aplikasinya dan pilih caregiver yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Di samping menyediakan caregiver live in, Carepro juga menawarkan berbagai layanan lain seperti caregiver visit, dokter visit, fisioterapi, perawat live in, perawat visit, dan telekonsultasi.

Referensi

Unlimited Care Cottages. Caregiver vs Nurse: What Are The Differences?. Diakses pada 10 Mei 2024

NurseRegistry. What is the Difference Between a Nurse and a Caregiver?. Diakses pada 11 Mei 2024

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id