Sariawan Tak Kunjung Sembuh: Bisa jadi Pertanda Penyakit Lain?

Jese Leos

Content Writer | Carepro.co.id

Sariawan adalah luka akibat iritasi pada gusi, lidah, dan lapisan dalam mulut. Dalam informasi yang beredar, sariawan yang tak kunjung sembuh bisa menjadi gejala penyakit lain yang lebih serius. Apakah benar?

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sariawan, paling tidak sekali dalam seumur hidup. Meski terbilang umum, kondisi ini tentu menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Ditambah jika sariawan yang dialami tak kunjung sembuh.

Dalam informasi yang beredar, sariawan yang tak kunjung sembuh bisa menjadi gejala penyakit lain yang lebih serius. Apakah benar? Simak ulasan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: Sering Diabaikan, 7 Kebiasaan Buruk ini Ternyata Bisa jadi Pemicu Stroke

Sekilas tentang Sariawan

Sariawan adalah luka akibat iritasi pada gusi, lidah, dan lapisan dalam mulut. Meskipun sariawan umumnya tidak berbahaya dan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu, namun sariawan dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat makan, minum, atau bicara

Terdapt tiga jenis sariawan yang biasanya terjadi:

  1. Sariawan minor: jenis sariawan yang umum terjadi. Biasanya berukuran kecil, bentuknya oval dengan bagian tepi berwarna kemerahan. Dapat sembuh tanpa pengobatan dalam waktu 1-2 minggu.
  2. Sariawan mayor: jenis sariawan yang lebih besar dan lebih dalam dibandingkan dengan sariawan minor. Bentuknya tidak teratur dan dapat memakan waktu lebih lama untuk sembuh.
  3. Sariawan herpetiformis: jenis sariawan yang jarang terjadi dan biasanya muncul pada orang dewasa. Bentuknya kecil dan berkelompok, dengan tepi berwarna kemerahan.

Penyebab Sariawan tak Kunjung Sembuh

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa sariawan yang tak kunjung sembuh bisa menjadi gejala penyakit lain. Berikut adalah beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan sariawan tak kunjung sembuh, diantaranya:

1. Penyakit Autoimun

Beberapa penyakit autoimun seperti lupus dan penyakit Behcet dapat menyebabkan sariawan yang tak kunjung sembuh. Penyakit autoimun adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh sendiri, menyebabkan peradangan dan kerusakan pada organ tubuh

2.Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, asam folat, dan zat besi dapat menyebabkan sariawan yang tak kunjung sembuh. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah dan membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi.

3. Gangguan Pencernaan

Beberapa gangguan pencernaan seperti GERD (gastroesophageal reflux disease) atau maag dapat menyebabkan sariawan yang tak kunjung sembuh. Gangguan pencernaan dapat menyebabkan iritasi pada dinding mulut dan menyebabkan sariawan.

4. Kanker Mulut

Sariawan yang tak kunjung sembuh bisa menjadi gejala awal kanker mulut. Kanker mulut adalah kondisi serius yang membutuhkan penanganan medis segera. Beberapa gejala kanker mulut meliputi nyeri pada mulut, sakit tenggorokan, sulit menelan, dan perubahan pada gigi atau gusi.

5. Gingivostomatitis

Selain kanker mulut, gingivostomatitis juga bisa menyebabkan sariawan tak kunjung sembuh. Gingivostomatitis adalah infeksi pada gusi dan mulut yang menyebabkan pembengkakan dan luka. Penyakit ini umumnya dibsebabkan oleh infeksi virus dan bakter.

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya: Ajaibnya Tanaman yang Menyembuhkan

Cara Mengatasi Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Penting untuk diingat bahwa sariawan tak kunjung sembuh tidak selalu berkaitan dengan penyakit serius. Namun, jika Anda mengalami sariawan yang tak kunjung sembuh atau sariawan yang disertai dengan gejala lain seperti sakit tenggorokan atau sulit menelan, segera cari bantuan medis.

Selain itu, perhatikan mengenali bentuk pada sariawan, lesi dalam mulut bisa disebut sariawan atau bukan. jika memenuhi lima indikator, mulai dari bentuk bulat atau oval, bentuk cekungan, dasar luka berwarna putih kekuningan, dan pinggiran merah karena peradangan.

Dengan mengetahui kondisi medis yang dapat menyebabkan sariawan tak kunjung sembuh, Anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga kesehatan mulut dan mencegah risiko penyakit yang serius.

Baca juga: Cara Panggil Dokter ke Rumah Anda dengan Aplikasi CarePro

Anda dapat melakukan konsultasi dokter online terlebih dahulu untuk melakukan langkah perawatan selanjutnya. Dokter homecare Care Pro siap membantu Anda dengan konsultasi nyaman di rumah. Download aplikasi Care Pro secara gratis untuk pesan layanan homecare yang Anda butuhkan hari ini. Tim medis kami siap membantu keluhan Anda!


REFERENSI

Everyday Health (2022). Is It a Canker Sore or Something Else?. Diakses pada 26 April 2024.

Mayo Clinic (2018). Canker Sore. Diakses pada 26 April 2024.

Healthline (2023). Painful Sensation? Could Be a Canker Sore. Diakses pada 26 April 2024.

Logo Carepro ID

Carepro merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kesehatan yang membantu banyak pengguna jasa untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah dengan mudah, nyaman dan juga cepat.

© Copyright 2024 PT Insan Teknologi Persada

Contact Info

  • contact@carepro.co.id